28 April 2025
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 29 Oktober 2024 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Kearsipan ( Instrumen Kearsipan Dinamis) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang dibuka secara resmi oleh Pjs. Bupati Tanjung Jabung Barat dr. H. Mhd Fery Kusnadi, Sp.OG dengan menghadirkan narasumber dari ANRI ibu Sri Wulandari, S. ST. Ars Arsiparis Ahli Madya selaku Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Barat II, dengan peserta sosialisasi Kasubbag Umum Kepegawaian seluruh OPD dan Kecamatan di lingkungan pemkab Tanjung Jabung Barat.
Dalam laporannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Erlinawaty, SH menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seluruh perangkat daerah dalam mengimplementasikan instrumen Kearsipan dinamis sesuai norma, standar dan prosedur kearsipan.
Pjs. Bupati Tanjung Jabung Barat dr.H.Mhd.Fery Kusnadi, Sp. OG dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menetapkan 4 instrumen kearsipan yaitu Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip Dinamis dan Jadwal Retensi Arsip dalam bentuk peraturan bupati sebagai payung hukum dalam kebijakan penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang perlu disosialisasikan kepada seluruh perangkat daerah agar tercipta keseragaman dalam pengelolaan kearsipan sesuai kaidah kearsipan, lebih lanjut beliau menyampaikan ke empat instrumen kearsipan dinamis adalah bagian dari implementasi aplikasi SRIKANDI sehingga perlu kesungguhan dan dukungan seluruh perangkat daerah dalam penerapannya karena hal tersebut akan berdampak pada indeks SPBE dan indeks pengawasan kearsipan.
Pada kesempatan tersebut juga diberikan reward sebagai apresiasi kepada 5 (lima) besar OPD yang teraktif dalam pengimplementasian aplikasi SRIKANDI di unit kerjanya yaitu Inspektorat, Diskominfo, BKAD, Bappeda dan Disdikbud.
Salam ARSIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *